Maskapai penerbangan diminta waspadai awan cumulonimbus

badan meteorologi, klimatologi juga geofisika pangkalpinang meminta maskapai penerbangan mewaspadai pertumbuhan awan cumulonimbus. awan ini berpotensi badai sampai adalah sarang petir dan halilintar, dan es.

waspadai cumulonimbus berskala setempat yang mengandung listrik tegangan ekstrim tinggi serta bila pesawat tetap menembus awan ini bisa mendorong goncangan mesin dan mengganggu sistem komunikasi, kata petugas kantor bmkg pangkalpinang, akhmad fadholi, pada pangkalpinang, sabtu.

pengamatan kantor bmkg setempat, mei 2013 puncak musim hujan dipicu kepesatan pertumbuhan awan cumulonimbus dan membawa angin kencang juga petir, sehingga kaum pilot pesawat agar mewaspadai awan ini agar menghindari kasus penerbangan.

secara publik, katanya, kondisi cuaca dalam provinsi itu belum mempengaruhi aktivitas penerbangan namun harus diwaspadai awan rendah yang beresiko menghalangi penglihatan.

Informasi Lainnya:

awan rendah mampu menghalangi jarak pandang atau penglihatan sehingga menyulitkan pilot untuk mendarat, ini membahayakan kepada keselamatan penumpang, katanya.

ada pilihan resiko daripada pertumbuhan awan cumulonimbus ini, pada antaranya potensi udara vakum yang mampu membeli pesawat terbang kehilangan ketinggian serta turbulensi ke segala arah dan membahayakan struktur pesawat terbang tersebut.

cumulonimbus biasa terkandung dalam lingkar tropis, tumbuh dalam sekejap mata akibat dinamika iklim dan cuaca setempat. dia bisa tumbuh menyerap sinar matahari oleh karenanya gelap total dalam ketinggian 3.000 meter daripada permukaan laut hingga puluhan ribu meter daripada permukaan laut selama luasan dan luar biasa.