Tiga miliar orang sedunia dilayani oleh koperasi

sebanyak tiga miliar orang dilayani dengan koperasi dengan kasus anggota koperasi yang tersebar di dunia mencapai 800 juta-1 miliar orang, demikian diutarakan european research institute on cooperative and social enterprises (euricse).

keanggotaan koperasi pada seluruh dunia mencapai 800 sampai 1 miliar orang serta melayani 3 miliar pihak sedunia, kata perwakilan euricse, gianluca salvatori, dalam acara international workshop on cooperatives in indonesia, dalam jakarta, senin.

pihaknya mencatat saat ini dalam seluruh dunia ada sekitar 53.000 koperasi kredit serta credit union.

sementara dalam eropa koperasi pertanian mempunyai pangsa pasar mencapai 60 persen di keuntungan pemrosesan dan pemasaran pilihan pertanian.

Informasi Lainnya:

pada 2008 dalam italia ada hampir 80.000 koperasi melalui 1,5 juta orang yang berusaha pada dalamnya dan berkontribusi hingga 10 persen daripada gdp, katanya.

ia menyampaikan, peran koperasi tambah tampak pada krisis finansial juga ekonomi. koperasi bisa lebih bertahan daripada tipe bisnis yang lain.

namun koperasi menghadapi pilihan kendala selama antaranya interpretasi yang keliru selama hal koperasi, legislasi dan restriktif, manajemen dan kurang efektif, juga minimnya Informasi.

bagaimanapun koperasi masih dianggap marginal, undercapitalized, serta tidak efisien juga dianggap besar berkembang, ujarnya.