Uranium Mamuju jadi incaran negara lain

pakar ekonomi dari universitas hasanuddin, makassar, sulawesi selatan, syarkawi rauf, menyatakan uranium daripada tambang dalam kabupaten mamuju, sulawesi barat, kini adalah incaran pilihan negara-negara lain.

potensi uranium dalam mamuju merupakan dan paling pas di indonesia. oleh karenanya pemanfaatannya mesti berhati-hati juga dikelola untuk kemakmuran rakyat, bukan menguntungkan pihak luar, tutur rauf ketika dihubungi di makassar, senin.

menurutnya, pemanfaatan uranium bukan cuma agar menghasilkan tenaga nuklir agar kepentingan pertahanan, namun serta supaya kebaikan ekonomi. salah satunya, sebagai pltn pada mendukung ketersediaan listrik di sini, ujarnya.

dia menyampaikan sadar ataupun tak kandungan uranium di sulawesi barat sudah digemari banyak negara-negara besar, termasuk amerika serikat, rusia, china, juga ada negara besar yang lain.

Informasi Lainnya:

oleh karena itu, kata dia, pemerintah tak boleh gegabah apabila mempunyai rencana membangun sumber energi tersebut.

kalau supaya kepentingan ekonomi domestik dan memenuhi pemakaian ketersediaan pasokan listrik, papar sarkawi, dengan demikian reaktor nuklir agar pembangkit listrik mampu didirikan pada sulbar.

kalau kita dapat memanfaatkan uranium dijadikan sumber energi listrik, daerah ini akan berkembang dan tak ingin pernah kekurangan listrik. cuma saja kita belum miliki teknologi agar memanfaatkan uranium, kata rauf.