China sangat cemas pada Jepang dan Taiwan

china sangat takut sesudah jepang serta taiwan menandatangani perjanjian penangkapan ikan di laut sekitar kelompok pulau bersengketa selama laut china timur, dan maka pusat konflik beijing dengan tokyo.

kami amat takut dalam jepang dan taiwan, yang membicarakan dan menandatangani perjanjian penangkapan ikan, tutur juru bicara kementerian luar negeri china, hong lei, pada jumpa wartawan, di beijing, rabu.

kami mengharapkan jepang dengan sungguh-sungguh menaati janji-janjinya perihal masalah taiwan serta mengambil tindakan berhati-hati serta bagus, ujarnya.

jepang memiliki hubungan diplomatik hanya melalui china; dan mengakui taiwan dibuat wilayah china, akan tetapi negara tersebut mempertahankan hubungan ekonomi erat dan kebudayaan melalui taiwan.

Informasi Lainnya:

china serta taiwan memiliki pemerintahan terpisah sejak pasukan nasionalis dikalahkan serta lari ke pulau itu selama akhir perang saudara melalui komunis dalam 1949. china, bila usah hendak mencari kekuatan militer untuk mengembalikan taiwan dibawah kekuasaannya.

kendati china selama umumnya senang kepada taiwan menandatangani perjanjian-perjanjian perdagangan serta usaha melalui negara-negara lain tampaknya negara tersebut tidak setuju di perjanjian-perjanjian yang menungkapkan taiwan merupakan Salah satu negara yang berdaulat.

jepang mencapai kata sepakat dengan taiwan agar mengizinkan kapal-kapal nelayan taiwan beroperasi di pihak daripada zona ekslusif jepang di kurang lebih pulau-pulau dan dipelajari jepang, akan tetapi dan diklaim dengan china juga taiwan.